1/24/2011

Review Handroid CSL BLueberry M1700 dan Tri


12.05 |


JAKARTA - Jika tidak mampu membeli iPad, atau Galaxy Tab, Handroid CSL Blueberry ini bisa menjadi alternatif. Setidaknya harganya murah lebih murah ketimbang dua perangkat yang disebut sebelumnya.

Dari segi tampilan Handroid memiliki ukuran yang cukup tebal, layaknya organizer (buku agenda) yang sering ditenteng oleh eksekutif muda di zaman sebelum komputer mendominasi. Dimensi Handroid adalah 179.4 mmx110 mmx11,5 mm dengan ukuran layar 7 inci.

Saking tampilannya bisa berubah, horizontal maupun vertikal, anda akan kebingungan untuk mencari sisi atas, bawah, maupun samping kana atau kiri di layar Handroid. Namun yang jelas, port penyimpanan kartu memori, SIM Card, serta tombol volume berseberangan dengan port kabel data dan handsfree. Di sisi lainnya terdapat tombol power, speaker dan lubang charger yang berseberangan dengan speaker lainnya. 

Di bawah layar hanya terdapat empat buah tombol yang akan mempermudah anda untuk masuk ke menu utama, tombol yang menghadirkan menu bantuan lain, tombol zoom tampilan layar, dan tombol back ke menu sebelumnya.

Prosesor Qualcomm MSM7227 yang digunakan rupanya tidak telalu bertenaga bagi sistem operasi Android yang digunakan oleh Handroid CSL ini. Saat menyalakan perangkat ini dibutuhkan waktu hampir dua menit untuk sampai menampilkan layar menu utama. Bahkan ketika membuka aplikasi dalam waktu yang cukup lama, perangkat akan mulai 'ngadat tak bergerak' alias nge-hang. Untuk mengaktifkannya lagi anda harus mengembalikan layar ke menu utama, lalu mematikan daya (power off) secara paksa. Jika di perangkat lain mungkin anda bisa langsung mencabut baterai tapi tidak di Handroid CSL ini.

Untuk jaringan internet, anda bisa mengandalkan operator yang dibundle dengan Handroid ini, yaitu Tri. Dengan kartu internetan dari Tri, pengguna tidak hanya bisa mengakses dunia maya tapi juga tetap bisa menelepon dan mengirimkan SMS.

OS Android 2.2 yang diusung CSL Blueberry ini merupakan 'jaminan mutu' untuk segala macam layanan yang dihadirkan Google, baik Gmail, Google Search, Google Talk, Maps dan lainnya. Jika semua layanan itu masih kurang, anda tinggal mengunduhnya di Android Market.

Kartu internet Tri bisa digunakan unlimited seharian browsing apa saja di Handroid CSL ini. Kartu tersebut memungkinkan pengguna untuk berinternet sepuasnya selama 30 hari dengan kuota 1 GB. Bahkan Tri memanjakan pengguna Handroid CSL dengan gratis internet selama tiga bulan. Jika masih kurang, anda bisa membeli kartu internetan Tri yang memberikan gratis internet selama 6 bulan.

Dengan kartu ini pengguna bisa browsing internet, mengakses Facebook, Flickr, YouTube, Twitter, Yahoo Messenger, eBuddy, dan layanan lain yang tersedia di Internet. Jika ingin cepat, anda bisa mengunduh aplikasi dari layanan yang dimaksud melalui Android Market. Di Android Market ini pula pengguna bisa mengunduh aplikasi lainnya, baik game, video, musik dan lainnya. Sayanngnya untuk mengunduhnya, kami sarankan untuk menggunakan koneksi wifi ketimbang koneksi jaringan Tri. Pasalnya unduh aplikasi dengan koneksi wifi tidak akan memakan waktu lama dan jauh dari kemungkinan koneksi terputus. 

Uniknya, saat mengunduh, baik Facebook atau Twitter, Handroid CSL akan dikenali sebagai Galaxy Tab. Notifikasi yang tertera "Unduh Aplikasi Facebook untuk Galaxy Tab". Untuk mengunduhnya, anda akan memerlukan bantuan perangkat penyimpanan berupa MicroSD. Meski begitu kapasitas ROM dan RAM di Handroid CSL masih mumpuni, masing-masing sekira 512 MB.

Tidak hanya dapat diandalkan untuk internet, Tri juga memungkinkan pengguna untuk menelepon dan ber-SMS di Handroid CSL ini. Tentunya gaya meneleponnya akan beda dengan saat anda menggunakan ponsel atau smartphone. Untuk menelepon di Handroid, anda harus menggunakan headset yang juga memiliki fungsi microphone. Jika tidak menggunakan headset maka anda harus mengeluarkan suara penelepon melalui lubang speaker yang tersedia, dan mengangkat Handroid sebatas mulut agar suara bisa terdengar sampai ke penelepon yang dituju.

Internet dan telepon merupakan fungsi utama dari Handroid CSL. Namun begitu Blueberry tidak lupa juga menyematkan dua buah kamera di bagian belakang dan depan bodi. Jika bagian depan hanya tersedia kamera berukuran VGA, di bagian belakang terdapat kamera berkapasitas 3 megapiksel. Sayangnya anda pasti akan sungkan mengambil gambar dengan mengarahkan perangkat sebesar itu ke hadapan objek. Apalagi kapasitas 3 MP terbilang sangat sia-sia karena tidak dilengkapi dengan fasilitas lampu flash. 

Perangkat ini memang tidak bisa disandingkan dengan iPad maupun tablet besutan vendor branded lainnya. Namun dengan harga Rp3,9 juta anda dijamin akan lebih bergaya dan pede menenteng Handroid CSL M1700 berlayar touchscreen ini ketimbang hanya menjinjing buku agenda hitam dan tebal, lengkap dengan pulpennya. (srn)



sumber : http://techno.okezone.com


You Might Also Like :


0 comments:

Posting Komentar