12/13/2010

SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN (RPL-Terapan)


19.28 |



PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK
SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN

1.        Deskripsi
Sistem Informasi Perpustakaan ini adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung komputerisasi administrasi operasional perpustakaan  yang meliputi :
1.    Pengelolaan seluruh data perpustakaan
2.    Pengelolaan transaksi
3.    Pengelolaan laporan operasional
Visi :
1.    Menjadi pusat penyedia bahan pustaka dan sistem informasi yang lengkap, efektif, akurat dan handal.
Misi :
1. Meningkatkan minat akses para murid pada perpustakaan ini.
2. Menyediakan sumber bahan referensi dan sistem informasi yang lenkap.
Tujuan :
1. Pertumbuhan anggota pertahun sebesar 10 % pertahun.
2. Peningkatan akses anggota sebesar 2% perbulan.
3. Peningkatan sumber daya buku dan referensi sebesar 3 % perbulan.

2.        Asumsi
a.       Bila anggota telat mengembalikan buku maka akan dikenakan denda.
b.      Jenis denda tergantung dari jumlah hari keterlambatan dan jumlah buku yang dipinjam oleh anggota.
c.       Biaya denda adalah Rp 500 per hari.
d.      Maka jumlah biaya denda Rp 500 x jumlah hari keterlambatan.
e.       Penerbit akan memberikan nota penjualan apabila kita telah melakukan pemesanan buku
f.       Penyumbang akan menerima surat ucapan terima kasih sebagai tanda terima kasih karena telah menyumbangkan buku atau yang lainnya.

3.        Proses
a.       Definisi Proses
Proses yang terdapat di dalam Sistem Informasi Perpustakaan ini diantaranya :
1.      Data         : Data adalah semua proses yang berhubungan dengan pengolahan data .Mulai dari data anggota, data pegawai, data buku, data penerbit, data penyumbang sampai  data denda.
2.      Transaksi  : Transaksi adalah semua proses transaksi di dalam perpustakaan ini yang terdiri dari : transaksi peminjaman, transaksi pengembalian, transaksi pemesanan buku, transaksi sumbangan buku, transaksi denda.
3.      Laporan    :   Laporan adalah semua proses laporan tentang semua proses yang terjadi di dalam sistem informasi perpustakaan ini yang terdiri dari : laporan buku baru, laporan anggota baru, laporan peminjaman, laporan pengembalian, laporan denda.
b.      Tahapan Proses
1.      Data        
·         Murid mengisi data murid pada proses anggota kemudian murid menerima data anggota yang di dalamnya terdapat no anggota untuk masing-masing anggota yang telah terdaftar yang akan disimpan di database anggota.
·         Pegawai mengisi data pegawai pada proses pegawai yang digunakan untuk mengakses dan mengelola perangkat lunak sistem informasi perpustakaan ini yang datanya disimpan di database pegawai.
·         Pegawai mengisikan data buku pada proses pegawai kemudian di simpan di database buku.
·         Penerbit mengisikan data buku yang dipesan oleh perpustakaan pada proses buku kemudian datanya disimpan di database buku.
·         Penerbit mengisikan data penerbit pada proses penerbit kemudian datanya disimpan di database penerbit.
·         Penyumbang mengisikan data penyumbang pada proses penyumbang yang kemudian datanya disimpan di database penyumbang.
·         Kepala perpustakaan mengisi data jenis denda pada proses denda kemudian disimpan di database jenis denda.
2.         Transaksi
·         Anggota mengisi data peminjaman yang dilakukan oleh pegawai  pada proses pinjam, kemudian data tersebut disimpan di dalam database pinjam
·         Anggota mengisi data pengembalian yang dilakukan oleh pegawai pada proses kembali kemudian datanya disimpan di database pengembalian.
·         Penerbit memberikan nota penjualan pada proses pemesanan buku. Kemudian penerbit menerima konfirmasi pemesanan buku.
·         Penyumbang menerima surat tanda terimakasih pada proses sumbangan buku.
·         Pada proses denda database denda memberikan data denda dan database jenis denda memberikan data jenis denda,
3.         Laporan
·           Pegawai dan kepala sekolah menerima laporan buku baru pada proses buku baru yang diperoleh dari database buku.
·           Pegawai dan kepala sekolah menerima laporan anggota baru pada proses anggota baru yang diperoleh dari database anggota.
·           Pegawai dan kepala sekolah menerima laporan peminjaman buku pada proses peminjaman yang diperoleh dari database pinjam.
·           Pegawai dan kepala sekolah menerima laporan pengembalian buku pada proses pengembalian yang diperoleh dari database pengembalian.
·           Pegawai dan kepala sekolah menerima laporan denda pada proses denda yang diperoleh dari database denda.

4.        Entitas Data
a.       Dokumentasi tiap proses :
·         Form Murid
·         Form Keanggotaan
·         Form Buku
·         Nota Penjualan
·         Surat Ucapan Terima Kasih
·         Konfirmasi Pemesanan Buku
·         Laporan – Laporan

b.      Atribut entitas data :
·         Nomor Induk Murid
·         Nama Murid
·         Alamat Murid
·         No Anggota
·         Nama Anggota
·         Alamat Anggota
·         Kode Buku
·         Judul Buku
·         Pengarang Buku
·         Jumlah Buku
·         Kode Penjualan Buku
·         Kode Peminjaman
·         Tanggal Peminjaman
·         Jumlah Peminjaman
·         Kode Pengembalian
·         Tanggal Pengembalian
·         Jumlah Pengembalian
·         Kode Denda
·         Jumlah Denda


You Might Also Like :


0 comments:

Posting Komentar