PENGEMBANGAN PERANGKAT
LUNAK
SISTEM INFORMASI
PERPUSTAKAAN
1.
Deskripsi
Sistem Informasi Perpustakaan ini adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk mendukung
komputerisasi administrasi operasional perpustakaan yang meliputi :
1. Pengelolaan
seluruh data perpustakaan
2. Pengelolaan
transaksi
3. Pengelolaan
laporan operasional
Visi :
1. Menjadi
pusat penyedia bahan pustaka dan sistem informasi yang lengkap, efektif, akurat
dan handal.
Misi :
1. Meningkatkan minat akses para murid pada perpustakaan ini.
2. Menyediakan sumber bahan referensi dan sistem informasi yang lenkap.
Tujuan :
1. Pertumbuhan anggota pertahun sebesar 10 % pertahun.
2. Peningkatan akses anggota sebesar 2% perbulan.
3. Peningkatan sumber daya buku dan referensi sebesar 3 % perbulan.
1. Meningkatkan minat akses para murid pada perpustakaan ini.
2. Menyediakan sumber bahan referensi dan sistem informasi yang lenkap.
Tujuan :
1. Pertumbuhan anggota pertahun sebesar 10 % pertahun.
2. Peningkatan akses anggota sebesar 2% perbulan.
3. Peningkatan sumber daya buku dan referensi sebesar 3 % perbulan.
2.
Asumsi
a. Bila
anggota telat mengembalikan buku maka akan dikenakan denda.
b. Jenis
denda tergantung dari jumlah hari keterlambatan dan jumlah buku yang dipinjam
oleh anggota.
c. Biaya
denda adalah Rp 500 per hari.
d. Maka
jumlah biaya denda Rp 500 x jumlah hari keterlambatan.
e. Penerbit
akan memberikan nota penjualan apabila kita telah melakukan pemesanan buku
f. Penyumbang
akan menerima surat ucapan terima kasih sebagai tanda terima kasih karena telah
menyumbangkan buku atau yang lainnya.
3.
Proses
a. Definisi
Proses
Proses yang terdapat di
dalam Sistem Informasi Perpustakaan ini diantaranya :
1. Data : Data adalah semua proses yang
berhubungan dengan pengolahan data .Mulai dari data anggota, data pegawai, data
buku, data penerbit, data penyumbang sampai
data denda.
2. Transaksi : Transaksi adalah semua proses transaksi di
dalam perpustakaan ini yang terdiri dari : transaksi peminjaman, transaksi
pengembalian, transaksi pemesanan buku, transaksi sumbangan buku, transaksi
denda.
3. Laporan :
Laporan adalah semua proses laporan tentang semua proses yang terjadi di
dalam sistem informasi perpustakaan ini yang terdiri dari : laporan buku baru,
laporan anggota baru, laporan peminjaman, laporan pengembalian, laporan denda.
b. Tahapan
Proses
1. Data
·
Murid mengisi data
murid pada proses anggota kemudian murid menerima data anggota yang di dalamnya
terdapat no anggota untuk masing-masing anggota yang telah terdaftar yang akan
disimpan di database anggota.
·
Pegawai mengisi data
pegawai pada proses pegawai yang digunakan untuk mengakses dan mengelola
perangkat lunak sistem informasi perpustakaan ini yang datanya disimpan di
database pegawai.
·
Pegawai mengisikan data
buku pada proses pegawai kemudian di simpan di database buku.
·
Penerbit mengisikan
data buku yang dipesan oleh perpustakaan pada proses buku kemudian datanya
disimpan di database buku.
·
Penerbit mengisikan
data penerbit pada proses penerbit kemudian datanya disimpan di database
penerbit.
·
Penyumbang mengisikan
data penyumbang pada proses penyumbang yang kemudian datanya disimpan di
database penyumbang.
·
Kepala perpustakaan
mengisi data jenis denda pada proses denda kemudian disimpan di database jenis
denda.
2.
Transaksi
·
Anggota mengisi data
peminjaman yang dilakukan oleh pegawai
pada proses pinjam, kemudian data tersebut disimpan di dalam database
pinjam
·
Anggota mengisi data
pengembalian yang dilakukan oleh pegawai pada proses kembali kemudian datanya
disimpan di database pengembalian.
·
Penerbit memberikan
nota penjualan pada proses pemesanan buku. Kemudian penerbit menerima
konfirmasi pemesanan buku.
·
Penyumbang menerima
surat tanda terimakasih pada proses sumbangan buku.
·
Pada proses denda
database denda memberikan data denda dan database jenis denda memberikan data
jenis denda,
3.
Laporan
·
Pegawai dan kepala
sekolah menerima laporan buku baru pada proses buku baru yang diperoleh dari
database buku.
·
Pegawai dan kepala
sekolah menerima laporan anggota baru pada proses anggota baru yang diperoleh
dari database anggota.
·
Pegawai dan kepala
sekolah menerima laporan peminjaman buku pada proses peminjaman yang diperoleh
dari database pinjam.
·
Pegawai dan kepala sekolah
menerima laporan pengembalian buku pada proses pengembalian yang diperoleh dari
database pengembalian.
·
Pegawai dan kepala
sekolah menerima laporan denda pada proses denda yang diperoleh dari database
denda.
4.
Entitas Data
a. Dokumentasi
tiap proses :
·
Form Murid
·
Form Keanggotaan
·
Form Buku
·
Nota Penjualan
·
Surat Ucapan Terima
Kasih
·
Konfirmasi Pemesanan
Buku
·
Laporan – Laporan
b. Atribut
entitas data :
·
Nomor Induk Murid
·
Nama Murid
·
Alamat Murid
·
No Anggota
·
Nama Anggota
·
Alamat Anggota
·
Kode Buku
·
Judul Buku
·
Pengarang Buku
·
Jumlah Buku
·
Kode Penjualan Buku
·
Kode Peminjaman
·
Tanggal Peminjaman
·
Jumlah Peminjaman
·
Kode Pengembalian
·
Tanggal Pengembalian
·
Jumlah Pengembalian
·
Kode Denda
·
Jumlah Denda
You Might Also Like :
0 comments:
Posting Komentar