12/04/2010

Pengenalan Pascal


08.45 |



Bahasa Pascal pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh NICLAUS WIRTH di Technical university, Zurich-SWISS. Nama PASCAL diambil dari seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaitu BLAISE PASCAL yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama didunia pada abad ke-17. Bahasa pemrograman ini termasuk “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur.

            Pada awalnya bahasa pemrograman Pascal diperkenalkan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer. Ternyata dalam waktu singkat, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas. Keunggulan bahasa ini terletak pada kemudahannya untuk dipelajari dan adanya dukungan fungsi-fungsi matematika yang lengkap.
Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program, bagian deklarasi dan bagian pernyataan (statement).
Judul program sifatnya adalah optional, dan bila ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma (;). Bagian deklarasi digunakan bila didalam program digunakan pengenal (identifier). Kalau suatu program menggunakan identifier , Pascal menuntut supaya identifier tersebut diperkenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulu pada bagian ini.
Struktur Minimal Program
begin
     Statement;
end.
Secara umum, program akan menerima masukan (input) dari piranti masukan, dan melakukan sebuah proses tertentu yang akan menghasilkan keluaran (output) ke piranti keluaran.


You Might Also Like :


0 comments:

Posting Komentar